Jumat, 22 Juni 2012

Obat Alami Sakit Batuk Pilek


Obat Alami Sakit Batuk Pilek
Batuk adalah suatu refleks pertahanan tubuh untuk mengeluarkan dahak, riak, dan benda asing dari saluran pernafasan, sedangkan Pilek adalah suatu gejala adanya cairan encer atau kental dari hidung yang disebut ingus.

Influenza (flu) adalah suatu infeksi virus yang menyebabkan demam, hidung meler, sakit kepala, batuk, tidak enak badan (malaise) dan peradangan pada selaput lendir hidung dan saluran pernafasan.

Pilek bisa juga karena alergi. Antihistamin (AH1) berfungsi untuk pengobatan simtomatik berbagai penyakit alergi dan mencegah atau mengobati mabuk perjalanan. Penyakit alergi tipe eksudatif akut dapat diobati oleh AH1 tetapi efeknya hanya membatasi dan menghambat efek histamin yang dilepaskan pada saat reaksi antigen-antibodi terjadi.

Batuk Pilek pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus yang bisa menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan dan saluran sinus. Setiap udara yang hita hirup itu banyak mengandung banyak virus yang sangat berbahaya yang dilindungi oleh saluran pernapasan sebelum masuk kedalam tubuh manusia. Salah satu benuk perlindungan tubuh yang paling utama adalah hidung. Hidung bisa di andalkan untuk menangkap dan menstabilkan pathogen. Pada sistem penghangat bagian terpusat minimnya udara segar. Membran lender salah satu hidung dan sinus akan meradang /membesar dan dapat tersumbat oleh lendir yang kental. Apabila sistem pernapasan tidak bisa mengatasi pathogen secara efektif, pathogen akan masuk kedalam tubuh dan dapat merusak sel, sehingga dapat menyebabkan peradangan dan berbagai gejala batuk pilek.

Pada umumnya hal yang dapat menyebabkan batuk pilek biasanya disertai demam atau flu. Penyakit batuk tanpa pilek biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Oleh karena itu tidak diperlukan untuk mengkonsumsi antibiotik. Batuk yang disebabkan oleh virus bisa berlangsung kurang lebih sekitar 2 minggu.

berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan:
  1. Pastikan tubuh anda mendapat cukup istirahat di tempat tidur, lepaskan sejenak rutinitas sehari-hari dan usahakan untuk menghalau stress. Tubuh anda perlu istirahat supaya mampu memerangi penyakit ini. 
  2. Minumlah banyak cairan, terutama air putih, jus buah segar atau teh herbal panas. 
  3. Mengkonsumsi sup sayuran dengan bumbu bawang putih akan sangat membantu. Karena bawang putih banyak mengandung bahan kimia yang berfungsi antimikroba, antivirus dan antiprotozoa. 
  4. Echinacea adalah herba yang telah dikenal bisa membantu mengatasi batuk pilek. Namun herba ini hanya efektif jika dipergunakan saat kita baru terinfeksi virus. 
  5. Vitamin C dalam dosis tertentu, meskipun tidak bisa mengobati, setidaknya bisa mengurangi keparahan penyakit atau memperpendek selang waktu terjadinya gejala. 
  6. Minyak esensial yang mengandung eucalyptus dan menthol telah lama digunakan untuk mengatasi batuk pilek dan flu. Menthol banyak terdapat pada minyak peppermint, sedang eucalyptus terdapat pada minyak eucalyptus.
Berikut ini Obat Alami untuk Mengatasi Batuk dan Pilek : 
  • Batuk
Sediakan air jeruk nipis 1 sendok makan ditambah madu 2 sendok makan dan air matang 2 sendok makan. Masukkan dalam cangkir dan kukus. Setelah agak dingin, minumkan pada anak sebanyak 1-2 sendok teh. Berikan sehari 5 kali.
  • Batuk seratus hari
Sediakan umbi bidara upas sebesar 1/2 jempol yang sudah bersih, parut dan seduh dengan air panas, lalu aduk-aduk dan dinginkan. Saring dan tambahkan sedikit madu. Minum sampai habis. Buatlah ramuan ini 3 kali sehari. Bisa juga gunakan ramuan lidah buaya. Lidah buaya dikupas kulitnya dan ambil bagian dagingnya sebanyak dua jari, kemudian dicacah. Tambahkan air hangat dan madu, lalu diminumkan pada anak 1-2 kali sehari.
  • Batuk karena angin atau dahak susah keluar
Sediakan 1 butir bawang merah diparut, 1 ruas jari jahe diparut dan diperas airnya, 7 butir adas manis, 1 ruas jari kunyit diparut dan diperas airnya, 1 sendok makan air jeruk nipis, dan 1/2 gelas air. Masukkan semua bahan di cangkir, kemudian kukus dan setelah itu saring. Minum 3 kali sehari masing-masing 2 sendok teh.
  • Batuk berlendir
Campurkan air jahe 1 sendok makan, air kunyit 1 sendok makan, bawang putih 1 siung diparut, air jeruk nipis 1 sendok makan, madu 1 sendok makan, dan 3 sendok makan air matang, kemudian dikukus. Diminumkan 3-4 kali sehari 2 sendok teh.
  • Pilek
Siapkan bawang merah yang diparut, lalu tapelkan pada tulang leher ketujuh (bagian tengkuk) dan ubun-ubun anak setelah sebelumnya diolesi minyak kayu putih. Beri juga minuman yang hangat-hangat, seperti minuman beras kencur. Selain itu, jemur anak di bawah sinar matahari pagi sekitar jam 7 atau di bawah jam 9 pagi. Panaskan bagian dada seperempat jam dan kemudian punggung seperempat jam. Ini bisa dilakukan sambil jalan-jalan pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar