Jumat, 22 Juni 2012

Obat Alami Sakit Mimisan


Obat Alami Sakit Mimisan
Mimisan merupakan pendarahan hidung yang keluar secara tiba-tiba. Mimisan dapat disebabkan karena pembuluh darah pada selaput lendir hidung pecah. Hal ini dapat terjadi karena hidung dikorek-korek, terjadi peradangan, atau karena selaput lendir hidung mengalami kekeringan.

Mimisan dapat juga terjadi akibat tekanan darah tinggi, tumor hidung, ataupun suhu tubuh yang terlalu tinggi.demam, luka akibat hidung terbentur, atau kadang-kadang timbul tanpa sebab yang jelas. Perawatan dilakukan dengan duduk, kepala condong ke depan dan jangan menunduk, jepit hidung dengan ibu jari dan jari telunjuk selama 5 menit (jangan dilepaskan), serta bernapaslah melalui mulut. Kompres hidung dengan kain yang telah dicelupkan ke dalam air es.

Adapun petunjuk untuk mengatasi adalah :

  • Usahakan jangan sampai kepala penderita berada dalam posisi menengadah ke atas atau dengan kata lain, tundukkanlah kepalanya.
  • Setelah itu Anda pijat lubang hidungnya selama kurang lebih 5 sampai 10 menit (suruhlah penderita bernafas dengan mulutnya).
  • Apabila dengan cara itu darah masih juga keluar, maka kompreslah pangkal hidung si.penderita dengan es dan sumbatlah hidung yang berdarah tersebut dengan gulungan dauh sirih (kalau tidak ada bisa disumbat dengan kapas.) Sumbatnya hendaknya diganti dengan yang baru apabila sudah kotor.
 Adapun Pengobatan dengan Bahan-bahan Alami :
  1. Siapkan 60 gram akar alang-alang direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari. 
  2. Cuci bersih 25 gram kangkung segar secukupnya dijus. Tambahkan gula secukupnya, aduk-aduk, kemudian diminum.Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari. 
  3. Cuci bersih 25 gram kulit ari kacang tanah, kemudian direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Air rebusannya disaring kemudian diminum selagi hangat.Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari. 
  4. Sebanyak 50 gram rambut jagung direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Airnya disaring kemudian diminum selagi hangat.Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari. 
  5. Sebanyak 60 gram pegagan segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Setelah itu, airnya diminum selagi hangat.Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari. 
  6. Cuci bersih 1 lembar daun sirih yang agak muda, lalu lumatkan hingga keluar minyaknya.Pemakaian : Gunakan untuk menyumbat hidung yang mimisan. 
  7. Cuci bersih 200 gram akar teratai, lalu haluskan dengan menggunakan blender.Pemakaian : Teteskan airnya ke dalam hidung, sekitar 2-3 tetes, lalu minum sisanya. Pemakaian : Minum sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar