Rabu, 13 Juni 2012

Obat Alami Sakit Sariawan


Obat Alami Sakit Sariawan
Hampir semu orang pasti mengalami penyakit sariawan, sariawan bisa terjadi karena kekurangan Vitamin C, memakan makanan yang telalu panas kekurangan zat besi, dan kebersihan mulut yang kurang terjaga. Jika penyakit sariawan berkelanjutan tidak kunjung sembuh, Anda perlu waspada terhadap indikasi adanya kanker.

Gejal sariawan

Gejala yang terjadi seperti adanya bintik kecil kekuningan yang menyebabkan perih pada bibir, lidah, dan alat pencernaan lainnya, sehingga tak jarang selera makan pun terganggu. Bintik kecil tersebut jika tidak hilang lebih dari dua minggu bisa menjadi indikasi adanya kanker.

Seperti dikutip dari Healthcentre, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sariawan, antara lain:

1. Akibat virus
Sariawan ini disebabkan oleh beberapa bentuk virus yang ada di dalam tubuh, termasuk kasus-kasus khusus seperti yang menyebabkan demam pada kelenjar, herpes dan penyakit mulut lainnya.

2. Akibat bakteri.
Sariawan jenis ini biasanya suka terjadi jika seseorang menderita sakit tenggorokan atau penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri.

3. Akibat jamur.
Sariawan ini timbul saat seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat rendah atau masalah kesehatan lainnya yang mungkin memerlukan penggunaan antibiotik dosis tinggi.

4. Non-infeksi.
Penyebab paling umumnya adalah terjadinya luka di mulut yang berulang, meskipun tidak diketahui penyebabnya tapi biasanya akan hilang dalam waktu 2 minggu. Sariawan ini juga bisa disebabkan adanya masalah dalam sistem pencernaan, kekurangan vitamin, riboflavin, miacin dan B12.

Obat sariawan yang tebuat dari bahan alami :

Obat sariawan menggunakan madu, caranya cukup mudah yaitu anda cukup mengoleskan madu tersebut pada bagian yang terkena sariawan. Rasanya sedikit perih namun penggunaan madu sebagai obat sariawan tergolong manjur.

Obat sariawan menggunakan sirih, penggunaan sirih sebagai obat sariawan cukup mudah yaitu ambil selembar daun sirih yang telah dibersihkan terlebih dahulu kemudian anda cukup mengunyahnya. Bagi anda yang belum terbiasa mengunyah daun sirih akan terasa sedikit panas pada mulut.

Obat sariawan dengan air kelapa, air kelapa dapat mengobati sariawan. Minumlah air kelapa hijau untuk mengobati sariawan anda.

Obat sariawan menggunakan daun saga, daun saga juga terbukti mampu menghilangkan sariawan pada mulut anda. Caranya anda cukup mengunyah daun saga tersebut hingga lumat kemudian diamkan sesaat pada bagian yang terkena sariawan. Atau anda dapat menggunakan daun saga yang telah anda haluskan kemudian campurkan dengan sedikit air bersih peraslah daun saga tersebut  lalu anda dapat menggunakannya sebagai obat kumur untuk mengobati sariawan anda.

Demikianlan obat sariawan dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk anda coba menghilangkan sariawan. Untuk menghindari munculnya sariawan ada baknya mulai membiasakan menjaga kebersihan terutama pada bagian mulut anda, sariawan juga dapat muncul akibat adanya kuman dalam mulut. Cukupilah kebutuhan vitamin c anda dengan membiasakan makan buah, pada saat menggosok gigi gunakan sikat gigi yang memiliki tekstur lembut dan mudah digenggam. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar