Selasa, 22 Mei 2012

Kandungan Nutrisi Gizi dan Vitamin Dalam Buah Tomat


 Kandungan Nutrisi Gizi dan Vitamin Dalam Buah Tomat
Tomat mula-mula ditemukan di antara celah-celah pegunungan Peru, kemudian muncul di Mexico. Bangsa Indian suku Aztec menyebutnya Xitomatle. Nama ini kemudian disingkat oleh orang Spanyol menjadi tomato ketika mereka membawa pulang buah tomat ke negerinya. Dari Spanyol tomat menyeberang perbatasan Portugal, Italia dan Perancis. Kemudian tomat tersebar ke tempat lain di seluruh penjuru dunia.

Tomat juga dikenal sebagai tonik karena banyak mengandung vitamin dan mineral. Sebagai tonik penambah kekuatan tubuh, merangsang daya pikir dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Malah di Perancis orang menyampaikan kabar dari mulut ke mulut bahwa tomat mempunyai kadar penguat nafsu syahwat dan daya tahan sex yang cukup tinggi. Mereka menamakan tomat sebagai Pomme d’Amour (apel cinta atau buah cinta) sehingga ketika akan bermain cinta orang mengkonsumsi buah tomat terlebih dahulu sebagai bekal kekuatannya.

Tomat adalah buah yang banyak mengandung vitamin A dan C. Kandungan vitamin A nya mencapai 1600 IU yang dapat mencegah penyakit mata. Sedangkan kandungan vitamin C pada tomat dapat mencapai 35 mg. Pada tomat yang besarnya sedang, sedikitnya terkandung 30 kalori di dalamnya. Sangat baik untuk memelihara kesehatan gusi dan mempercepat kesembuhan luka.

Buah Tomat baik dalam bentuk segar maupun olahan, memiliki komposisi zat gizi yang cukup lengkap dan baik. Buah tomat terdiri dari 5-10 persen berat kering tanpa air dan 1 persen kulit dan biji. Berikut khasiat dan manfaat buah tomat bagi kesehatan tubuh.
tomat memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk! Berdasarkan pada penelitian diketahui bahwa tanaman tomat yang berwarna merah sarat akan kandungan vitamin C dan vitamin A. Semakin matang buah tomat, kandungan vitamin nya pun semakin banyak. tomat tidak hanya kaya akan vitamin A dan vitamin C saja.
Ternyata buah tomat juga mengandung Lycopene, yaitu semacam anti oksidan yang sangat berguna untuk menghancurkan radikal bebas akibat polusi kendaraan, asap rokok dan zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Lycopene juga diketahui berperan aktif dalam mencegah rusaknya sel yang bisa mengakibatkan kanker, seperti kanker prostat, kanker mulut rahim dan sebagainya.
3 Manfaat Buah Tomat

  1. Radikal bebas & kanker
Zat likopen yang sangat tinggi pada buah tomat, bermanfaat untuk melenyapkan radikal bebas yang masuk dalam tubuh (misalnya lewat asap bahaya rokok yang berbahaya dan polusi udara). Dan berfungsi sebagai zat antioksidan bermanfaat untuk menghambat kerusakan sel-sel jaringan tubuh. Sehingga resiko Anda terkena penyakit kanker jantung akan turun drastis. Misalnya kanker prostat, kanker leher rahim, maupun kanker pankreas.Jantung
Manfaat buah tomat yang lain adalah bisa menurunkan resiko terkena gangguan maupun penyakit jantung, karena buah tomat dipercaya mampu mencegah penggumpalan darah sehingga aliran darah pada tubuh bisa lancar. Dalam laporan TheTohoku Journal of Experimental Medicine terbitan Tohoku University di Jepang, Tohuoka menyatakan, jus tomat secara buy amoxicillin online klinis efektif untuk menyeimbangkan gangguan lever.
Kecantikan
Dalam manfaat buah-buahan untuk kecantikan, buah tomat juga sudah sering dimanfaatkan, misal sebagai masker. Buah tomat mampu meremajakan kulit wajah, sehingga kulit tetap segar dan menghambat proses keriput. Anda bisa menggunakannya dengan cara memotong buah tomat matang yang benar-benar merah, hancurkan, lalu usapkan pada kulit secara merata. Bila dilakukan secara rutin, kulit wajah akan terasa lebih segar dan sehat.

kandungan gizi yang terkandung di dalam tomat. Dalam 100 gram tomat terdapat kandungan gizi sebagai berikut:
  •  fosfor 27 gm
  •  kalium 360 mg
  •  besi 6 mg
  • kalsium 11 mg
  •  vitamin C 23 mg
  • Thiamine 56 mg
  •  Protein 1 gram
  • vitamin A 1000 UI
  • vitamin K

Tidak ada komentar:

Posting Komentar