Rabu, 23 Mei 2012

Kandungan Nutrisi Gizi dan Vitamin Dalam Buah Pisang


 Kandungan Nutrisi Gizi dan Vitamin Dalam Buah Pisang
Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi daripada apel. Apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori.

Kandungan zat gizi pisang ternyata banyak manfaatnya bagi tubuh. Kandungan potassium pisang dapat membantu pertumbuhan sel, mengendalikan tekanan darah, memperlancar fungsi system saraf, serta memperlancar pengaturan cairan tubuh dan keseimbangan asam alkali.

Pisang mengandung 3 jenis zat penting yaitu gula alami : sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat fiber, memberikan efek tambahan energi yang cukup banyak. Menurut penelitian para ahli gizi telah terbukti hangan dengan mengkonsumsi dua buah pisang sehari mendapatkan energi untuk 90 menit.

Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel – sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan.Dengan mengkonsumsi 2 pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogr dapat terpenuhi.  Disamping itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk camilan ibu hamil.

Karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu, banyak atlet saat jeda atau istirahat mengonsumsi pisang sebagai cadangan energi.

Gula pisang merupakan gula buah, yaitu terdiri dari fruktosa yang mempunyai indek glikemik lebih rendah dibandingkan dengan glukosa, sehingga cukup baik sebagai penyimpan energi karena sedikit lebih lambat dimetabolisme. Sehabis bekerja keras atau berpikir, selalu timbul rasa kantuk. Keadaan ini merupakan tanda-tanda otak kekurangan energi, sehingga aktivitas secara biologis juga menurun.

Untuk melakukan aktivitasnya, otak memerlukan energi berupa glukosa. Glukosa darah sangat vital bagi otak untuk dapat berfungsi dengan baik, antara lain diekspresikan dalam kemampuan daya ingat. Glukosa tersebut terutama diperoleh dari sirkulasi darah otak karena glikogen sebagai cadangan glukosa sangat terbatas keberadaannya.
Glukosa darah terutama didapat dari asupan makanan sumber karbohidrat. Pisang adalah alternatif terbaik untuk menyediakan energi di saat-saat istirahat atau jeda, pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia untuk aktivitas biologis.

Buah pisang mengandung 9 kandungan gizi dan mampu mengembalikan energi dengan cepat.
Pisang yang matang mengandung
  • kalori 99 gr
  • lemak 0,2 gr
  • protein1,2 gr
  • karbihidrat 25,8 mg
  • serat 0,7 gr
  • kalsium 8mg
  • besi 0,5 mg
  • fosfor 28 mg
  • vitamin A 44 RE
  • vitamin B 0,08 mg
  • vitamin C 3 mg
  • air 72 gr.
 
Kandungan pisang sangat bagus untuk menyembuhkan berbagi penyakit pencernaan seperti disentri, ambeien, sariawan usus, pendarahan usus besarhingga diare. Namun perlu diperhatikan bahwa hanya pisang yang matang saja yang dapat mengubah gula darah menjadi glukosa alami serta cepat diabsorbsi oleh tubuh.

Namun, kandungan protein dan lemak pisang ternyata kurang bagus dan sangat rendah, yaitu hanya 2,3 persen dan 0,13 persen. Meski demikian, kandungan lemak dan protein pisang masih lebih tinggi dari apel, yang hanya 0,3 persen. Karena itu, tidak perlu takut kegemukan walau mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak. (cy).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar